Makanan Khas Banten Selatan Malimping - Bayah
Makanan Khas Banten Selatan Malimping - Bayah

 Facewoman ( Banten Selatan ) - Bila kita jalan-jalan ke daerah Banten Selatan, kurang tepat kiranya kalau tidak menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh makanan khas Banten Selatan, yaitu Lemang.
 Lemang yang disebut leumeung adalah salah satu makanan favorit di wilayah Malimping, Banten Selatan. Entah sejak kapan makanan ini masuk ke daerah itu. Pasalnya, makanan sejenis ini ada juga di sejumlah wilayah Sumatera dan Sulawesi.

 Untuk mendapatkan Leumeung kita harus menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Tradisional Malimping yang terletak di jalan raya Malimping - Bayah. Tak sulit mendapatkan para penjaja leumeung, karena lokasi mereka berjualan berada di pinggir jalan.

 Membuat leumeung relatif sederhana. Beras ketan berbumbu aneka macam rempah yang telah diaduk dituang bersama santan kelapa kental ke dalam bambu berlapis daun pisang muda. Kemudian leumeung dibakar di perapian. Cara membakarnya juga harus hati-hati jangan sampai bambu terbakar habis karena leumeung akan menghitam alias gosong.

 Setelah proses itu selesai, bambu berisi beras ketan bakar sudah dapat dibawa ke pasar. Harga leumeung per potong seribu rupiah. Tapi, jika membeli per bambu harganya berkisar Rp 7.000,- hingga 15.000,- tergantung ukuran dari leumeung.

I LOVE BANTEN SELATAN ..........

Post a Comment

Hallo sobat..Kami Senang! Apabila Anda mau meninggalkan Saran, kritik dan Opini tentang Artikel Blog Kami.

Lebih baru Lebih lama