HALO Friend, welcome | LOGIN | DAFTAR
Kamis, 14 Juni 2012 | 11:33 WIB

Sejarah Singkat Kabupaten Trenggalek

Sejarah Singkat Kabupaten Trenggalek

Info pasang iklan di facewoman
  Sejarah Singkat Kabupaten Trenggalek -  Salah satu tokoh terkenal di Kabupaten Trenggalek adalah Dyan Arya Menak Sopal lebih dikenal dengan nama Menak Sopal, salah seorang Bupati atau penguasa Trenggalek. keterangan resmi mengenai Menak Sopal belum banyak ditulis, akan tetapi situs berupa makam dapat dijumpai di dusun Bagong, kelurahan Ngantru, kecamatan Trenggalek.

 Menak Sopal dikenal sebagai pahlawan bagi kaum tani di Trenggalek, usahanya untuk membangun sebuah dam atau waduk beserta saluran irigasi yang menyertainya berkembang menjadi sebuah legenda yang mengiringi tradisi sedekah bumi yang sampai saat ini dilaksanakan oleh kaum tani di kelurahan Ngantru pada bulan Sela. konon, saat membangun waduk tersebut, Menak Sopal dan pengikutnya mengalami kesulitan karena selalu saja bangunan yang membendung kali Bagong itu jebol. setelah bertapa beberapa hari akhirnya, Menak Sopal mengetahui jika penyebab jebolnya bangunan waduk tersebut karena ulah siluman bajul putih yang menguasai sungai tersebut.

 setelah bertemu dengan siluman bajul putih, akhirnya sang siluman bersedia untuk tidak mengganggu pekerjaan besar Menak Sopal dengan meminta tumbal seekor gajah yang berkulit putih pula. singkat cerita dengan sedikit tipu muslihat, Menak Sopal berhasil menyediakan tumbal Gajah Putih kepada Bajul Putih. Untuk diketahui pemilik Gajah Putih di daerah Wengker hanya ada satu orang yaitu seorang janda di daerah Ponorogo.
Bagikan ke :
thumbnail Title: Sejarah Singkat Kabupaten Trenggalek
Posted by: ANDIK WIN
Rating: 4.5 ★★★★★ - 174.984 Reviews
Reviewer: 1 hour 30 min - 9.999 Kalori
Sponsored Link

Posting Komentar

Sejarah Singkat Kabupaten Trenggalek

Hallo sobat..Kami Senang! Apabila Anda mau meninggalkan Saran, kritik dan Opini tentang Artikel Blog Kami.

- -

TERPOPULER :
TERKOMENTARI :
Mari Gabung Di KBN ( KOMUNITAS BLOGGER NEWBIE INDONESIA ) » KLIK DISINITemui Kami di twitter@andikwinclose
(close)
Back Top