HALO Friend, welcome | LOGIN | DAFTAR
Rabu, 14 November 2012 | 21:26 WIB

Makanan Khas Banten Selatan Malimping - Bayah

Makanan Khas Banten Selatan Malimping - Bayah

 Facewoman ( Banten Selatan ) - Bila kita jalan-jalan ke daerah Banten Selatan, kurang tepat kiranya kalau tidak menyempatkan diri berbelanja oleh-oleh makanan khas Banten Selatan, yaitu Lemang.
 Lemang yang disebut leumeung adalah salah satu makanan favorit di wilayah Malimping, Banten Selatan. Entah sejak kapan makanan ini masuk ke daerah itu. Pasalnya, makanan sejenis ini ada juga di sejumlah wilayah Sumatera dan Sulawesi.

 Untuk mendapatkan Leumeung kita harus menyempatkan diri berkunjung ke Pasar Tradisional Malimping yang terletak di jalan raya Malimping - Bayah. Tak sulit mendapatkan para penjaja leumeung, karena lokasi mereka berjualan berada di pinggir jalan.

 Membuat leumeung relatif sederhana. Beras ketan berbumbu aneka macam rempah yang telah diaduk dituang bersama santan kelapa kental ke dalam bambu berlapis daun pisang muda. Kemudian leumeung dibakar di perapian. Cara membakarnya juga harus hati-hati jangan sampai bambu terbakar habis karena leumeung akan menghitam alias gosong.

 Setelah proses itu selesai, bambu berisi beras ketan bakar sudah dapat dibawa ke pasar. Harga leumeung per potong seribu rupiah. Tapi, jika membeli per bambu harganya berkisar Rp 7.000,- hingga 15.000,- tergantung ukuran dari leumeung.

I LOVE BANTEN SELATAN ..........

Bagikan ke :
thumbnail Title: Makanan Khas Banten Selatan Malimping - Bayah
Posted by: arena persita fajar
Rating: 4.5 ★★★★★ - 174.984 Reviews
Reviewer: 1 hour 30 min - 9.999 Kalori
Sponsored Link

4 Komentar di " Makanan Khas Banten Selatan Malimping - Bayah"

Poskan Saran, kritik Serta Opini Anda Pada Blog Facewoman :

TERPOPULER :
TERKOMENTARI :
Mari Gabung Di KBN ( KOMUNITAS BLOGGER NEWBIE INDONESIA ) » KLIK DISINITemui Kami di twitter@andikwinclose
(close)
Back Top